Selamat Datang Pengunjung

Berita

Kuliah Umum, FT UPB Libatkan Ikatan Alumni

oleh Admin pada 2017-01-04 12:07:04

Pontianak – Fakultas Teknik Universitas Panca Bhakti Pontianak bersama IAFT UPB dan BEM FT menggelar kuliah umum dengan tema Project Management for High Rise Building di auditorium kampus, Sabtu (1/10). Kuliah umum menghadirkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Jakarta. Di mana, Ir Tukijo, Kepala Divisi 2 PT Waskita Karya merupakan alumni angkatan ke-2 FT UPB Pontianak.

Dr Ir Rahmatullah Rizieq MSi , Rektor UPB Pontianak mengapresiasi upaya yang telah dilakukan IAFT UPB. “Saya salut IAFT sudah intens berikan peran terhadap perkembangan di universitas ini, khususnya fakultas teknik. Peran yang diharapkan universitas, alumni datang ke kampus bawa kebaikan. Saya harap, alumni fakultas lain juga bisa ke sini bawa sesuatu positif, agar universtas bisa jauh berkembang dari apa yang ada sekarang,” jelasnya.

Ir Arif Parabi MT, Dekan FT UPB Pontianak mengatakan, kuliah umum bagian dari kegiatan akademis wajib perguruan tinggi. Tetapi menurutnya, masih ada perguruan tinggi yang tidak sadar itu. Kuliah umum menghadirkan dosen dari luar, di mana dia memberikan sharing ilmu, lebih banyak di sisi praktis lapangan. “Mulai tahun ini, kami rutin gelar kuliah umum, didukung ikatan alumni. Tiap tahun akademik digelar kuliah umum, mudah-mudahan bisa lebih besar lagi,” ujarnya.

Menurutnya, banyak hal dapat diraih mahasiswa maupun alumni yang ikut dalam kuliah umum bersama Waskita Karya, sebagai BUMN besar konstruksi di Indonesia yang cakupan kerjanya hingga luar negeri. “Salah satu narasumber dari Waskita, hari ini (Sabtu, 1/10), ada yang tangani pekerjaan di luar negeri,” katanya.

Ir Tukijo menyampaikan, dunia konstruksi saat ini telah berubah luar biasa. Di mana, teknologi konvesional bagunan dengan kayu dan kawat simpai, paling tinggal 10 persen yang menerapkan. Banyak sudah berubah mengunakan batako atau bata ringan dengan pondasi beton.

“Saya ini dianggap sukses boleh, tidak juga tidak apa,” ujarnya. Menurut Tukijo, untuk raih sukses, harus memiliki mimpi, apa yang ingin dicapai lima tahun ke depan. “Kalau tidak ada mimpi, tidak akan berhasil. Paling hasilnya standar-standar,” katanya, “Mahasiswa, mimpi lima tahun ke depan pertama jadi sarjana. Pasti kuliah rajin, sering baca buku, dan tidak telat. Selesai kuliah, mau apa, apa jadi PNS atau pengusaha. Kalau pengusaha harus dirintis jadi sekarang. Penting juga bisa berkomunikasi dan baca situasi.”

Ir Ali Uhan, Ketua IAFT UPB Pontianak menyampaikan, karena kuliah umum kegiatan wajib kampus, IAFT turut support. Alumni merasa ada kapasitas narasumber yang mumpuni. “Kawan-kawan alumni yang ada prestasi di nasional dan internasional. Mereka punya kemampuan mumpuni memberikan kuliah,” ujarnya, didampingi Rissa Rismania ST, Bendahara IAFT UPB.

Menurutnya, kuliah umum tidak hanya untuk tingkatkan pengetahuan, tapi juga  mendorong rasa percaya diri peserta (mahasiswa dan alumni lain). “Kita di daerah terpencil, tidak dikenal, bukan dari universitas besar, tidak punya fasilitas cukup; tapi mampu hasilkan kader mumpuni. Rasa percaya diri meningkat, tentu akan lebih menuntut ilmu,” pungkasnya. 

Sumber : http://www.ariwara.com/ekonomi/kuliah-umum-ft-upb-libatkan-iaft/


Informasi Kontak

Jalan. Komodor Yos Sudarso, Pontianak 78113
(0561) 772627 / (0561) 774442
www.upb.ac.id
mail@upb.ac.id